SEJARAH DAN PERKEMBANGAN GOOGLE SEO

on Minggu, 04 November 2012

Menurut Danny Sullivan, istilah Search Engine Optimization (SEO) pertama kali digunakan pada tanggal 26 Juli 1997 oleh sebuah pesan spam yang di-posting di Usenet. Pada masa itu,algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

Versi awal algoritma pencarian sepenuhnya didasarkan pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs/web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).

Sebagian webmaster akan melakukan menipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya sehingga mesin pencari akan salah menempatkan dan akan membuat peringkat terhadap situs tersebut. Hal ini akan menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian, baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relavan dan berkualitas.Larry Page dan Sergey Brin adalah dua mahasiswa doktoral ilmu komputer UniversitasStanford yang berusaha mengatasi permasalahan tersebut. Mereka akhirnya mebangun mengandalkan perhitungan matematka untuk membuat peringkat halaman web.

Algoritma tersebut bernama Page Rank, yaitu fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis terhadap kualitas masing-masing link tersebut.

Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998, Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub.Dalam waktu singkat, Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas(tidak dimanipulasi), cepat, dan relavan. Page Rank lantasmenjadi standar, baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agat situs/web-nya memperoleh nilai Page Rank yang setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.
Ranking: 5

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

 
© Aksota | All Rights Reserved